Oleh: menwasuryanata | Maret 2, 2009

Profil

pict0032Asep Cahya D., S. Sos., adalah leader dari Komando Resimen Mahasiswa Suryanata Propinsi Kalimantan Selatan. Betapa tidak, jabatan sebagai Kepala Staf Komando Resimen Nahasiswa Suryanata Propinsi Kalimantan Selatan adalah pucuk pimpinan Men-Mahanata saat ini. Hal ini disebabkan karena Posisi jabatan Danmenwa dan Wadanmenwa Suryanata sedang kosong.

Itu bukanlah hal baru yang terjadi di dalam organisasi yang menjunjung tinggi nilai patriotisme dan nasionalisme yang ada di Kalsel ini. Semenjak berakhirnya masa orde baru tidak ada lagi dukungan atau pembinaan secara langsung dari pemerintah daerah dan Korem 101/ANT. Kalau dulu jabatan Danmenwa dipegang oleh KASREM atau DANDIM sekarang tidak lagi.

Bukannya tidak ada upaya dan usaha yang dilakukan oleh anggota Menwa Suryanata untuk mencari dan memilih seorang Komandan. Berbagai usaha pun dilakukan, mulai tahun 2005 yang diprakarsai Satmenwa 601/NRT UNLAM, Para Komandan Satuan Menwa se-Kaliantan Selatan melakukan kordinasi dan konsulidasi untuk menentukan nasib Menwa Suryanata ke depan.

Setelah melalui pembahasan yang alot, maka diputuskanlah untuk melaksanakan Musyawarah Daerah Komando Resimen Mahasiswa Suryanata Propinsi Kalimantan Selatan. Pada tanggal 5 Juni 2005, acara tersebut pun digelar di Aula Rektorat Unlam Banjarmasin dengan peserta dari seluruh Staf san anggota Menwa Suryanata beserta para alumni.

Sebenarnya agenda utama yang akan dibahas dalam kegiatan tersebut adalah merekomendasikan dan memilih Danmenwa Suryanata Kalsel, akan tetapi yang ditetapkan adalah Kepala Staf Komando Resimen Mahasiswa Suryanata Kalsel, yaitu Asep Cahya D dari Satmenwa 601/NRT dan Ketua Umum Ikatan Alumni Menwa Kalimantan Selatan Bapak Edy Riduan Waas.

MUSDA juga mengamanatkan kepada KASMENWA terpilih untuk segera membentuk struktur Staf Komando dan mengadakan kegiatan pertemuan lanjutan. Berselang 1 bulan setelah MUSDA, dengan penuh pengharapan dan semangat yang tinggi pada bulan Juli 2005 sang KASMEN beserta jajaran yang telah dipilihnya dari seluruh Satuan Menwa Se-Kalsel mengadakan kegiatan Temu Alumni Menwa Se- Kalimantan Selatan di Auditorium IAIN Antasari Banjarmasin dengan agenda menentukan draf pemilihan Danmenwa. Berdasarkan kesepakatan yang diperoleh bahwa asalah pemilihan Danmenwa akan dilaksanakan sesegera mungkin oleh Ikatan Alumni Menwa Kalsel.

Koordinasi lanjutan pun sering dalaksanakan, baik di restoran, di hotel, dsb tidak hanya dengan alumni, Dansat, pemerintah dan TNI dengan tujuan jabatan Danmenwa Suryanata segera terpenuhi. Akan tetapi sampai dipenghujung tahun 2007 belum dapat terealisasi Seiring berakhirnya masa Periode SKOMEN-MAHANATA dari tahun 2005-2007.

Pada bulan Desember 2007, seluruh Dansatmenwa mengadakan rapat terbatas untuk membahas tentang DIKSAR MENWA Suryanata dengan mengundang KASMEN. Pada kesempatan itu Asep Cahya D ingin meletakkan jabatan sebagai Kasmenwa dan berharap diadakan pemilihan ulang Kasmen untuk regenerasi akan tetapi berdasarkan kesepakatan para Dansatmenwa bahwa Jabatan Kasmenwa akan tetap diteruskan selama 1 periode lagi. Walaupun sudah menyelesaikan stidinya si kampus Kasmen pun setuju dan mengadakan kegiatan pendidikan gabungan yang akan dilanjutkan dengan pembaretan. (Sebenarnya, Pada tahun 2005 Skomen sudah mengupayakan DIKSAR MENWA di RIDAM VI TPR tetapi gagal karena tidak ada dukungan dari pihak terkait). Pada bulan pebruari 2008 diadakanlah kegiatan PRADIKSAR dan PEMBARETAN bertempat di Korem 101/ANT, LEMDIKADA, dan Pangkalan TNI AU Banjarbaru dengan peserta 29 orang. Dengan dukungan dari Pemerintah dan TNI maka kegiatan tersebut dapat berjalan lancar.

Pada bulan Maret 2008 Kasmen me-resufle struktur Staf Komando Menwa Suryanata. Selanjutnya dengan Staf yang baru ini Skomen Mahanata berhasil bangkit dan sukses melaksanakan berbagai kegiatan regional.

NAMA : ASEP CAHYA D., S.Sos

TTL : CIRANJANG 12 NOPEMBER 1978

ASAL SATUAN : SATMENWA 601/NRT UNLAM

PENDIDIKAN KEMENWAAN :

1. BEKLATSAR CAMENWA (2001)

2. DIKSAR MENWA DAN PEMBARETAN (2002)

3. SUSPELATNAS (2004)

4. SUSKALAK MEN-MAHANATA (2005)

JABATAN :

1. KOMANDAN KELOMPOK A SATMENWA 601/NRT (2002-2003)

2. KAMARKAS SATMENWA 601/NRT (2004)

3. KAURDIKLAT SATMENWA 601/NRT (2004-2005)

4. WADANSAT 601/NRT (2005)

5. KEPALA STAF MENWA SURYANATA KALSEL (2005-2009)

pict0119pict0076


Tanggapan

  1. izin tanya

    Kasmen diksarnya tahun 2002 di Korem 101 ANT ya?diksar gab se-kalsel?saya alumni diksar 2002 dari satmenwa 609

    trm ksh

    • Mohon ijin menyampaikan, kalau tidak salah nama Kasmen waktu itu adalah Bpk A. Riyadi. tks

  2. asslammualaikum.SAYA menwa Satuan 602 Antasari .,.senanng meliast semua ini .,.moga – moga Menwa menjadi tauladan mahasiswa dan mempunyai potensi positif

    • wa’alaikum salam… Terima Kasih… Amiien…


Tinggalkan komentar

Kategori